You are here
Home > Bisnis > Sistem Kerja Skor Kredit yang Perlu Dimengerti oleh Nasabah

Sistem Kerja Skor Kredit yang Perlu Dimengerti oleh Nasabah

Skor Kredit

Skor kredit adalah salah satu poin penting yang membuat pihak bank percaya dan bersedia memberikan pinjaman. Sistem kerja skor kredit menunjukkan penilaian pada nasabah yang mencerminkan kemampuan finansial untuk membayar cicilan sesuai dengan ketentuan yang disepakati bersama. Skor kredit didapat dari data historis penggunaan kredit nasabah yang bersangkutan.

Jadi, jika Anda memiliki tanggung jawab untuk membayar cicilan, tapi tidak sanggup melunasinya sampai tanggal jatuh tempo. Skor kredit di bulan berikutnya mungkin akan menurun. Jika keadaan tersebut terus berlanjut hingga berbulan-bulan, Anda bisa masuk dalam blacklist lembaga keuangan. Di masa mendatang, Anda akan kesulitan mendapatkan pinjaman .

Tak banyak yang tahu saat seseorang membuka rekening di bank atau mengajukan aplikasi keuangan, sebenarnya langsung memiliki skor kredit yang sedang berjalan. Apalagi bagi pengguna kartu kredit. Data mengenai bagaimana kita menggunakan layanan tersebut dan pembayaran tagihannya terekam jelas, lalu diolah menjadi skor. Hasil tersebut bisa digunakan oleh lembaga keuangan untuk mengambil keputusan. Terutama saat ada pengajuan kredit dari nasabah yang bersangkutan.

Skor kredit bisa Anda akses melalui lembaga pengelola informasi perkreditan atau biro kredit swasta. Penting sekali untuk mengetahui informasi tersebut karena bisa menentukan masa depan keuanganmu. Mungkin Anda sedang berencana mengajukan pinjaman sebagai modal usaha atau untuk memperbaiki rumah. Jika ternyata ada masalah dengan skor kredit, bisa-bisa pengajuan Anda ditolak.

Jika tidak ingin mengalami hal merugikan tersebut, sebaiknya berhati-hati dalam mengelola pinjaman. Ambil cicilan sesuai dengan kemampuan dan hindari gaya hidup boros. Gunakan fasilitas kredit untuk memenuhi kebutuhan. Biasanya yang paling aman adalah tidak mengambil cicilan yang lebih dari 30 % penghasilan per bulan. Telat membayar cicilan juga akan berpengaruh pada nilai kredit di masa mendatang.

Bagi bank, skor kredit memiliki banyak manfaat. Salah satu yang utama adalah untuk menilai nasabah. Dengan begitu, risiko mendapat nasabah yang kreditnya macet dapat ditekan. Operasional bank pun jadi terjamin dan memiliki keuntungan banyak. Bagi nasabah, skor kredit juga akan mempermudah Anda saat mengajukan pinjaman yang nilainya besar. Bahkan bisa memperoleh pembiayaan dengan bunga rendah. Belum lagi tawaran-tawaran menarik lainnya.

Skor kredit juga bisa dianggap sebagai reputasi keuangan Anda, jadi semakin taat Anda membayar tagihan. Akan mendapat nilai yang bagus. Jika begitu terus, reputasi Anda di mata bank juga akan ikut naik dan tepercaya mendapatkan pinjaman kapan pun Anda membutuhkannya.

Saat ini sudah ada CekAja.com yaitu layanan yang memungkinkan Anda mengajukan pinjaman online dengan berbagai macam kemudahan. Termasuk informasi mengenai skor kredit. Penjelasan lengkapnya bisa Anda temukan di sini https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/. Temukan tips untuk memperbaiki skor kredit Anda, lalu ajukan pinjaman di CekAja.com. Solusi cerdas untuk masalah keuangan Anda.

Tinggalkan Balasan

Top