You are here
Home > Pinjaman > Pinjaman Kamu Gagal Diproses? Lengkapi dulu hal-hal ini!

Pinjaman Kamu Gagal Diproses? Lengkapi dulu hal-hal ini!

pinjaman kamu gagal di proses

Ketika kita mengajukan pinjaman, baik itu pinjaman online ataupun Offline ke bank. Tentu saja yang kita harapkan adalah dana yang kita ajukan cepat diproses hingga cair. Namun, terkadang aplikasi kita tidak mendapatkan persetujuan oleh bank. Apa yang harus dilakukan agar pinjaman dapat cepat diproses oleh bank? Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan!

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar pinjaman dapat cepat diproses oleh bank:

  • Periksa Kembali Identitas Personal Apakah Memenuhi Syarat

Seperti diketahui, pada umumnya kebijakan yang diterapkan oleh bank bagi calon debitur adalah minimal berusia 21 tahun dan usia maksimalnya 65 tahun ketika cicilan lunas. Kebanyakan peserta gagal memahami hal ini dan pada akhirnya tidak mendapatkan restu dari bank untuk memperoleh pinjaman. Padahal hal tersebut dilakukan agar kedua belah pihak tidak dirugikan apabila sang debitur mengalami gagal bayar.

  • Memeriksa Validitas Dokumen yang Diajukan

Sebagai calon debitur yang baik, tentu saja harus menyediakan berbagai dokumen yang valid. Berbagai dokumen pribadi haruslah asli dan tidak ada yang dipalsukan. Jangan lupa, apabila memalsukan data ini, bisa saja pihak bank melaporkan kamu ke pihak berwenang lho, karena kamu telah melanggar hukum yang berlaku. Beberapa dokumen tersebut adalah KTP, NPWP, KK, Akta Nikah, Surat Keterangan penghasilan, atau Surat Izin Praktik bagi pekerja profesional seperti dokter dan tentu saja fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir untuk melihat kemampuan kamu membayar pinjaman.

  • Memiliki Kartu Kredit yang Bersih

Memiliki kartu kredit tentu akan menjadi keuntungan bila kamu membayar cicilan kartu kredit dengan teratur, dan bisa jadi kerugian apabila kamu mempunyai catatan hitam di kartu sakti tersebut. Pihak bank tentu akan menyelidiki histori pemakaian kartu kredit kamu untuk melihat hal tersebut. Di tahap ini juga tidak sedikit calon debitur yang gagal.

  • Pendapatan dan Debt Ratio sesuai

Walaupun setiap bank biasanya memiliki syarat yang berbeda, tetapi pada umumnya, pihak bank mensyaratkan bagi calon debitur untuk memiliki gaji minimal 5 juta rupiah dan telah bekerja sebagai pegawai tetap minimal 1 tahun. Selain itu untuk rasio hutang terhadap gaji, tidak melewati 30% karena apabila melewati batas tersebut, kemungkinan besar aplikasi kamu ditolak.

Itulah tadi beberapa syarat yang mungkin gagal kamu penuhi sehingga permintaan pinjaman kamu ditolak oleh pihak bank. Kunjungi saja https://www.cekaja.com/kredit-dengan-agunan apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut info dan tips seperti di atas. Ada juga berbagai fitur di situs tersebut yang dapat m embantu kamu untuk mendapatkan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Tinggalkan Balasan

Top