You are here
Home > Bisnis > Perkembangan Skor Kredit di Indonesia

Perkembangan Skor Kredit di Indonesia

Tips Merintis Bisnis Sampingan Sukses Bagi Para Karyawan

Dikabulkan atau tidaknya permohonan kredit Anda tidak lepas dari pengaruh satu hal, yaitu skor kredit. Skor kredit atau penilaian kredit adalah sistem yang digunakan oleh lembaga penyedia kredit untuk menentukan kelayakan seseorang mendapat pinjaman. Bisa dibilang, nilai ini dijadikan tolak ukur oleh kreditur dalam memberikan pinjaman maupun bunga pada debitur. Oleh karena itu, Anda harus tahu perkembangan skor kredit Anda dengan cara memperoleh hasil informasi debitur dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Dulu, indikator yang digunakan oleh lembaga penyedia kredit adalah BI Checking. Akan tetapi, terhitung sejak 1 Januari 2018, wewenang penyediaan informasi debitur dialihkan dari Bank Indonesia (BI) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Peralihan tersebut juga dibarengi dengan pergantian sistem informasi debitur yang awalnya menggunakan Sistem Informasi Debitur (SID) menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Kekurangannya, informasi SLIK hanya bisa diperoleh secara offline. Hal itu berbeda dengan BI Checking yang bisa dengan mudah Anda akses secara online. Untungnya, OJK memberikan akses yang mudah bagi masyarakat untuk memperoleh informasi debitur. Anda hanya perlu membawa KTP asli beserta fotokopinya sebagai berkas untuk meminta informasi debitur perseorangan.

Anda hanya tinggal menunggu berkas diverifikasi dan petugas akan memberikan dokumen cetak berisi hasil informasi debitur. Di dalamnya, sudah termasuk skor kredit untuk melihat status Anda, apakah Anda berada dalam zona aman atau zona kritis. Jika Anda berada dalam zona kritis, Anda harus bersiap-siap mendapat penolakan dari pihak kreditur. Kalaupun permohonan Anda diterima, Anda mungkin saja akan mendapat pinjaman berjumlah lebih kecil dari yang Anda minta dengan bunga yang lebih tinggi.

Meningkatkan skor kredit memang tidak mudah, tetapi bisa diwujudkan selama Anda tertib dalam melunasi kredit Anda. Dengan begitu, perkembangan skor kredit bisa Anda prediksikan dengan riwayat yang bagus dan bersih dari kredit macet. Hal ini sangat berkaitan dengan komitmen serta kebijakan Anda dalam menggunakan produk-produk kredit yang Anda miliki. Jangan sampai kemudahan yang ditawarkan produk kredit tersebut menjadi senjata makan tuan untuk Anda dan menjerumuskan Anda ke dalam kesulitan.

Oleh karena itu, Anda harus mengerti betul produk kredit yang Anda ajukan. Jadilah seseorang yang realistis saat menentukan produk kredit. Jika Anda tidak mampu, sebaiknya Anda tidak mengambil produk kredit tersebut karena bisa-bisa justru menyulitkan Anda di kemudian hari. Tidak hanya itu, skor kredit pun akan ikut menurun sehingga menutup kesempatan Anda untuk bisa menikmati fasilitas kredit lainnya yang Anda inginkan atau butuhkan.

Banyak informasi seputar skor kredit yang bisa Anda pelajari, salah satunya di https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/. Di sana, Anda bisa mendapat informasi lengkap seputar skor kredit atau masalah finansial lainnya. Jadilah masyarakat yang cerdas saat menggunakan fasilitas kredit agar Anda hanya bisa merasakan untungnya saja, tanpa menderita karena merugi.

Tinggalkan Balasan

Top