You are here
Home > Bisnis > Perbedaan Pinjaman Uang Online dan Konvensional

Perbedaan Pinjaman Uang Online dan Konvensional

Perbedaan pinjaman online dan Konvensional

Sering kali kita dihadapkan dengan keraguan untuk meminjam dana kepada saudara atau kolega atau rekan kerja. Tak jarang rasa malu itu meliputi diri ketika meminta pinjaman dana. Belum lagi ketakutan bila apa yang dilakukan diberitahukan kepada orang lain. Padahal, pinjaman dana ini menunjukkan bahwa ada kepercayaan antara satu individu dengan individu lainnya. Tidak perlu khawatir jika tidak ada orang meminjamkan dana kepada kita. Karena pinjaman uang online dapat menjadi jawaban atas kebutuhan kita.

Pinjaman uang online berbeda dengan pinjaman yang bisa dilakukan secara konvensional. Pinjaman uang online tidak memakan waktu dan tenaga untuk mencapai tempat pemberi kredit seperti yang dilakukan secara konvensional. Di samping itu, ada beberapa perbedaan dari dua jenis peminjaman ini sebagai berikut:

Penggunaan dana pinjaman

Umumnya, banyak orang melakukan transaksi pinjaman uang online karena adanya keperluan mendesak. Misalnya, atap rumah tiba-tiba bocor sehingga membutuhkan renovasi, biaya sekolah anak yang naik berkala setiap tahun, biaya pengobatan orangtua, modal dan lain-lain.

Biaya administrasi

Beberapa bank dan lembaga penyedia pinjaman menggratiskan biaya administrasi untuk nasabah dengan pinjaman uang online. Beberapa lainnya mengenakan biaya administrasi lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman secara konvensional. Banyaknya nasabah pinjaman uang online yang melakukan pelunasan sekaligus dapat menekan biaya administrasi dan bunga. Sedangkan, dalam peminjaman konvensional umumnya telah ditetapkan tanggal jatuh tempo serta kenaikan bunga sesuai dengan jangka waktu pelunasan yang dipilih.

Pinjaman dana online biasanya dilunasi sekaligus jadi dapat menekan banyak biaya administrasi dan bunga. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan pinjaman konvensional. Pada umumnya, pinjaman konvensional telah menetapkan tanggal pembayaran tagihan disertai dengan bunga yang dapat bertambah seiring dengan tenor atau jangka waktu pembayaran yang diambil.

Kebutuhan

Jumlah pinjaman besar ditawarkan oleh pinjaman konvensional dengan wajib memberikan laporan positif dari bank atau lembaga sebelumnya. Belum lagi dibutuhkannya dokumen-dokumen fisik, jaminan aset, hingga survei atas alasan kita meminjam. Dengan pinjaman uang online, semua hal itu tidak perlu kita lakukan. Kita hanya perlu menyiapkan sedikit dokumen untuk di-scan. Pinjaman yang kita butuhkan juga bisa dari jumlah kecil hingga menengah yang akan memudahkan kita untuk melakukan pelunasan.

Beberapa hal di atas tentu menjadi faktor-faktor dalam menentukan pinjaman uang online. Pinjaman dengan syarat mudah dan proses cepat lewat https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan. Beragam pilihan plafon dan jangka waktu pembayaran bisa dipilih sesuai dengan kesanggupan membayar.

Tinggalkan Balasan

Top