You are here
Home > Info > Ternyata, Penurunan dan Penambahan Daya Listrik Tidaklah Sulit

Ternyata, Penurunan dan Penambahan Daya Listrik Tidaklah Sulit

Penurunan dan Penambahan Daya Listrik

 

Listrik merupakan hal yang tak terpisahkan dari kita dalam menjalani hidup sehari-hari. Baik kehidupan keluarga maupun unit usaha yang Anda kelola. Semakin bertambahnya kebutuhan listrik, penambahan daya listrik juga tak bisa dipungkiri. Sebagian dari kita tentu membayangkan betapa repotnya mengurus administrasi penambahan daya listrik. Eh, jangan keliru karena PLN semakin mempermudah layanannya kepada masyarakat. Seiring dengan pesatnya perkembangan digital, kini untuk melakukan penurunan dan penambahan daya listrik, kita bisa melakukannya dengan sistem online. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka situs pln.co.id, pilihlah menu pelanggan.
  2. Isi form yang tertera, pastikan ID pelanggan dan ID meter diketik dengan benar.
  3. Klik pada tab penambahan daya, dan isi identitas sesuai kolom yang ada.
  4. Selanjutnya klik “Permintaan Tambah Daya” yang ada di bagian Golongan Tarif. Ini berlaku apabila pelanggan ini menambah daya listrik misal dari 1300 watt menjadi 2200 watt.
  5. Anda akan mendapatkan email dari PLN berisi permohonan perubahan daya yang sudah dilakukan. Email ini merupakan konfirmasi bahwa Anda mengajukan penurunan atau penambahan daya listrik  dan setuju hal itu dilakukan.
  6. Bayar biaya di tempat yang ditunjuk oleh PLN seperti bank, atau Kantor Pos
  7. Jika pembayaran sudah dilakukan, Anda tinggal menunggu petugas PLN melakukan penambahan atau penurunan daya listrik.

Selain dengan cara online, pengajuan permohonan tambahan daya listrik pun dapat dilakukan melalui saluran telepon Call Center PLN 123.

Jika Anda berminat mengurus penambahan daya listrik dengan datang langsung ke Kantor Pelayanan PLN terdekat, Anda harus melampirkan dokumen sebagai berikut:

  • Fotocopy kartu identitas pemilik/pengguna bangunan (KTP/SIM) yang masih berlaku.
  • Denah/peta lokasi bangunan (diperlukan untuk memudahkan dalam proses survei lapangan).
  • Pelunasan tagihan listrik bulan terakhir
  • Membayar biaya tambah daya

Kantor PLN yang Anda datangi adalah kantor PLN terdekat dengan lokasi yang memerlukan penambahan atau penurunan daya tersebut.

PLN Berhak Menolak dan Membatalkan

Penyambungan tenaga listrik akan dilaksanakan oleh PLN setelah pelanggan;

  1. Membayar Biaya Penyambungan, Uang Jaminan Langganan (khusus bagi layanan Pascabayar) dan Biaya Materai
  2. Membeli Stroom Perdana sebesar minimal Rp5.000 bagi layanan listrik sistem prabayar
  3. Menyediakan tempat untuk pemasangan Alat Pengukur dan Pembatas (APP) dan instalasi PLN seperti tiang listrik, penghantar dan gardu apabila diperlukan oleh PLN.
  4. Telah menyelesaikan kewajibannya kepada PLN apabila di lokasi bangunan yang akan dilakukan penyambungan, terdapat kewajiban jual beli tenaga listrik yang belum diselesaikan atas pemakaian tenaga listrik sebelumnya

Apabila di lokasi bangunan yang akan dilakukan penyambungan terdapat Putusan Pengadilan dan/atau Ketentuan Pemerintah  sehingga bangunan tersebut harus dibongkar, maka  proses penyambungan tenaga listrik akan dibatalkan. Biaya penyambungan terkait pembatalan penyambungan ini tidak dapat dikembalikan kepada pelanggan, jika PLN telah melakukan investasi untuk penyambungan tenaga listrik tersebut.

Sebelum melakukan penambahan daya listrik, perlu Anda ketahui bahwa tarif listrik mengalami kenaikan pada 2017. Pada semester awal 2017, terjadi transisi golongan 900VA akan dipecah menjadi 900VA subsidi dan 900VA non-subsidi. Mekanismenya adalah penyesuaian kenaikan 30% bertahap pada Januari, Maret, Mei, hingga subsidi 900 VA benar-benar dicabut pada Juli 2017.

Golongan Kondisi Tarif (Rp /kWh)
R1 450VA subsidi 415
R1 900VA subsidi khusus bagi rakyat miskin subsidi 605
R1 900VA penyesuaian Januari-Februari 2017 Penyesuaian Naik 30% Tahap 1 791
R1 900VA penyesuaian Maret-April 2017 Penyesuaian Naik 30% Tahap 2 1034
R1 900VA penyesuaian Mei-Juni 2017 Penyesuaian Naik 30% Tahap 3 1352
R1 900VA penyesuaian Juli 2017 dst non-subsidi sama dengan tarif 1300VA

Untuk Listrik Non-Subsidi, yang dimulai dari golongan daya 1300VA ke atas, tarifnya mengikuti mekanisme tariff adjustment. Per Maret 2017, nominal tarif listrik non-subsidi adalah Rp 1467,28 / kWh

Leave a Reply

Top