You are here
Home > Bisnis > Pentingnya Membangun Skor Kredit Peminjam dengan Tepat

Pentingnya Membangun Skor Kredit Peminjam dengan Tepat

membangun skor kredit dengan tepat

Apakah Anda sempat mengajukan pinjaman ke bank dan harus melewati beberapa proses verifikasi bahkan hingga survei? Proses panjang itu ternyata  masih belum semua. Masih banyak yang belum tahu bahwa ada suatu sistem penilaian yang disebut dengan skor kredit peminjam. Skor kredit juga menjadi acuan untuk menentukan apakah peminjam bisa mendapatkan kredit atau tidak. Riwayat penggunaan pinjaman dan pembayarannya menjadi dasar dalam mengkategorikan nasabah.

Juni Hendry, selaku Corporate Secretary PT Pefindo Biro Kredit menjelaskan tentang skor kredit seperti yang dilansir dari CekAja.com. Skor kredit merupakan nilai yang menggambarkan tingkat kelaikan kredit seorang debitur berdasarkan data historis. Skor ini banyak digunakan lembaga keuangan dalam melakukan analisa permohonan kredit yang diajukan seorang calon debitur.

Skor Kredit ini sangat penting baik bagi pihak bank maupun nasabah. Bank juga bergantung pada bunga pinjaman sebagai pendapatan. Jika sembarangan memberikan pinjaman pada nasabah, maka risiko menghadapi kredit macet akan semakin besar. Jika sudah begitu, nantinya operasional bank dapat terganggu. Sebaliknya jika yang menerima pembiayaan tersebut adalah orang tepercaya dan memiliki kemampuan finansial untuk membayar tagihan tepat waktu, maka bank akan lancar dan mendapat keuntungan.

Dengan skor kredit, nasabah juga dipermudah ketika ingin mengajukan pinjaman pada bank. Skor kredit bisa dianggap sebagai bukti bahwa Anda memiliki reputasi keuangan yang baik. Ditandai dengan riwayat kredit yang bagus atau tidak pernah nunggak. Di masa mendatang pun, Anda bisa mengajukan pinjaman lagi sesuai dengan kebutuhan tanpa perlu berusaha keras meyakinkan bank.

Skor Kredit

tidak serta merta bagus jika Anda tidak berupaya untuk meningkatkannya. Cara yang ampuh untuk mempertahankan nilai pada titik normal adalah dengan membayar tagihan tepat waktu. Jika sampai telat beberapa hari saja, maka sistem akan merekamnya dan menjadi dasar untuk menurunkan skor kredit Anda. Apalagi sampai macet atau tidak terbayarkan sampai batas waktu yang telah ditentukan. Keadaan ini bisa membuat Anda masuk dalam blacklist.

Sangat sulit sekali memulihkan nama yang telah terkena blacklist lembaga keuangan. Bahkan jika Anda sudah melunasinya dan mengirim bukti ke lembaga yang bersangkutan. Masih butuh beberapa waktu untuk menormalkan kembali skor kredit. Selama nilai masih rendah, maka kemungkinan mendapat pinjaman akan jadi sangat kecil.

Saat ini skor kredit bisa Anda akses melalui Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan atau Biro Kredit Swasta. Nantinya Skor Kredit ini juga bisa diakses dari layanan CekAja.Com. Anda jadi semakin mudah merencanakan keuangan dan mengusahakan pinjaman. Langsung saja akses CekAja.com dan nikmati segala layanannya yang menarik, termasuk mengajukan pinjaman secara online. Anda juga bisa mencari tahu tentang skor kredit dengan mengunjungi halaman https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/ .

Tinggalkan Balasan

Top