You are here
Home > Info > Sudah Tau Belum Apa Itu Passport Online! Yuk Simak

Sudah Tau Belum Apa Itu Passport Online! Yuk Simak

Sudah Tau Belum Apa Itu Passport Online! Yuk Simak

Passport Online adalah passport yang dapat dibuat melalui online. Mungkin ada yang masih belum tau kegunaan passport ya? Hehe..pasport adalah dokumen resmi yang diperoleh atau di keluarkan oleh pejabat negara. Isinya memuat tentang identitas pemegang dan pastinya berlaku dalam perjalananya ke negara lain. Terdapat dua macam passport yakni passport biasa n e-passport

Passport elektronik adalah passport yang datanya berupa data biometrik kemudian data tersebut disimpan dalam chip yang tertanam di paspor dan pastinya datanya lebih lengkap dan akurat. Sedangkan pasport non elektronik (passport biasa) adalah passport yang datanya hanya mengenai identitas pemegang saja dan passport ini rentan sekali untuk dipalsukan.

Data yang ada pada e-passport berupa sidik jari, bentuk wajah yang dapat dikenali dengan cara pemindaian. Data yang dikeluarkan oleh pemerintah ini juga sesuai dengan standart International Civil Aviaton Organization (ICAO). Pada dasarnya e-passport lebih aman dan proses pemeriksaanya juga muda hanya cukup di pindai tanpa harus membuka lembaran lain.

Intinya perbedaan passport online ini terletak pada proses kemudahan mekanismenya dan menghemat waktu. Meskipun begitu, kita juga perlu datang ke kantor imigrasi setempat untuk memastikan dan verivikasi data yang ada.

Cara Pembuatan Passport Online

  1. Menyiapkan semua berkas yang diperlukan

Sudah pasti dong ya? Jika anda ingin keluar negeri maka anda harus mengurus semua berkas yang diperlukan. Bedanya jika pasport non elektronik perlu untuk mengunggah berkas pindaian pada saat mendaftar, maka tidak dengan e-passport. Anda hanya mengisi data-data sesuai dengan urutan permohonan di situs imigrasi yang sudah disediakan.

Jadi setelah melakukan pengisian tersebut, gunanya adalah anda hanya perlu mempersiapkannya ketika di bawa ke kantor imigrasi. Ingat data-data yang perlu Anda persiapkan meliputi e-KTP, Akta lahir, kartu keluarga, ijazah, buku nikah dan paspor lama.

Data tersebut juga sama ketika Anda membuat passport untuk anak.

  1. Isi formulir data diri anda di situs imigrasi

Alamat website yang perlu anda kunjungi adalah imigrasi.go.id. pilihlah menu “layanan paspor online” yang terletak di dalam kotak “online services”. Disitu terdapat halaman “pra permohonan personal” lalu klik kemudian muncullah data informasi pemohon kemudian isi

data tersebut sesuai dengan data pribadi anda yang sesungguhnya.

Dan ingat kolom yang memiliki tanda bintang berwarna merah, wajib sekali Anda isi. Dan dalam pengisiannya dibagi menjadi beberapa bagian. Pastikan data yang sudah dimasukkan valid dan benar. Selanjutnya anda dapat mengklik lanjut atau kembali. Jika Anda ingin melakukan perpanjangan, pilih jenis permohonan sesuai serta isi nomor passport lama.

  1. Cara pembayaran, Kemudian datang ke kantor imigrasi dan pengambilan passport

Untuk cara pembayarannya, Anda hanya perlu ke bank dengan notifikasi yang sudah disediakan ketika mengisi dokumen pada pilihan “kirim ulang email pra permohonan personal” pada situs imigrasi tersebut. Bawa bukti pengajuan passport dengan mencantumkan jumlah uang yang ingin dibayarkan. Ingat bukti pembayaran difotokopi 3 lembar.

Setelah itu Anda kembali membuka email situ imigrasi tersebut kemudai klik tautan pada halaman verivikasi. Isi data daftar tanggal yang sudah tersedia, selesaikan semua proses pra permohonan paspor Anda. maka anda dapat memperoleh tanda terima kemudian cetak dan satukan dengan semua berkas yang ada.

Datangi kantor imigrasi pada waktu yang sudah ditentukan. Kemudian lakukan foto, biometrik, dan wawancara. Setelah semua selesai anda perlu menunggu waktu 3 hari untuk mengambil passport. Semoga artikel passport online ini bermanfaat. Sekian terimakasih.

Leave a Reply

Top