You are here
Home > Pinjaman > Memilih Bank dengan Bunga Pinjaman Terendah

Memilih Bank dengan Bunga Pinjaman Terendah

pinjaman bank dengan bunga terendah

Bank merupakan lembaga yang menawarkan berbagai produk dan jasa untuk penggunanya yang disebut dengan nasabah. Bank mempunyai banyak produk seperti pinjaman yang menawarkan berbagai jenis pinjaman yang bisa untuk dipilih. Untuk mendapatkan pinjaman tersebut masyarakat biasanya sangat selektif sebelum memilih pinjaman seperti memilih bank dengan bunga pinjaman terendah sehingga akan menguntungkan untuk nasabah nantinya. Berbagai keuntungan memilih bank dengan bunga pinjaman yang rendah misalnya adalah sebagai berikut ini:

  • Angsuran yang dibayarkan akan lebih sedikit

Dengan memilih bunga yang rendah untuk nasabah yang menerima pinjaman nantinya akan sangat diuntungkan karena dapat menerima cicilan yang rendah pula. Oleh karena itulah bunga yang dipilih dan ditetapkan oleh bank nantinya akan mempengaruhi besarnya cicilan yang harus diangsur setiap bulan. Semakin besar bunga yang ditetapkan maka semakin besar pula jumlah uang yang harus dikembalikan oleh nasabah. Oleh karena itulah nasabah harus berhati-hati dan memilih bunga kredit sekecil mungkin agar membayar hutang ke bank juga semakin sedikit.

  • Jumlah yang dibayarkan akan lebih kecil

Apabila dijumlah nantinya ketika memilih jenis bunga yang kecil maka untuk total pembayaran pinjaman juga lebih kecil. Oleh karena itulah sebaiknya memilih bunga yang rendah karena seperti disebutkan diatas akan lebih kecil untuk jumlah yang akan dibayarkan. Besarnya bunga yang diterima nantinya akan menentukan banyaknya jumlah pinjaman yang akan dibayarkan nantinya kepada pihak bank.

Memilih bank dengan bunga pinjaman terendah selain mempunyai keuntungan juga mempunyai beberapa tips untuk dapat diterapkan untuk mendapatkannya. Cara pertama adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai bunga yang ditawarkan oleh bank. Jenis pinjaman nantinya akan menawarkan bunga yang berbeda sehingga bisa untuk disesuaikan dengan kemampuan masyarakat dalam membayar cicilan nantinya. Apabila Anda akan memilih jenis kredit tertentu carilah informasi mengenai berapa besarnya bunga yang diterapkan untuk jenis kredit yang nantinya diambil. Dengan begitu Anda bisa untuk membandingkan dan memilih jenis kredit di bank yang menawarkan bunga paling rendah sehingga nantinya besarnya kredit dan angsuran yang akan dibayarkan setiap bulan oleh nasabah dapat lebih ringan.

Untuk mengetahui besarnya bunga tersebut rendah atau belum Anda bisa untuk melakukan simulasi perhitungan dimana diperlukan informasi yang cukup mengenai besarnya plafond yang akan diambil, tenor atau jangka waktu masa jatuh tempo kredit, dan juga besarnya bunga yang ditetapkan. Hitunglah pembayaran yang bisa dilakukan dan dibayarkan oleh nasabah nantinya setiap bulan. Akan tetapi di bank sendiri biasanya sudah menawarkan simulasi perhitungan yang bisa untuk dicermati oleh nasabah sebelum memilih jenis kredit yang akan diambil.

Langkah terakhir untuk mendapatkan pinjaman bank dengan bunga terendah adalah dengan memilih jenis bunga yang diperlakukan oleh bank. Biasanya ada beberapa jenis bunga yang diperlakukan di bank seperti berikut ini

  • Bunga flat merupakan jenis bunga yang sering digunakan oleh bank karena dapat menguntungkan. Dimana kredit yang mempunyai jenis suku bunga ini akan mempunyai jumlah angsuran yang sama setiap bulannya sampai masa akhir hutang yang diajukan.
  • Bunga efektif adalah jenis bunga yang dapat menguntungkan nasabah yang mengajukan kredit. Karena perhitungan cicilan setiap bulannya akan berbeda dimana diambil dari jumlah terakhir yang harus dibayarkan.
  • Bunga annuities adalah jenis ketiga dimana untuk pembayarannya dicampur menggunakan bunga flat dan efektif. Dimana jenis ini merupakan modifikasi dari kedua jenis bunga yang ada dalam bank.

Leave a Reply

Top