You are here
Home > Kredit > Sebelum Anda Melakukan Kredit Motor, Simak Tips-tips Berikut Ini!

Sebelum Anda Melakukan Kredit Motor, Simak Tips-tips Berikut Ini!

kredit motor

Memiliki sebuah kendaraan bermotor saat ini menjadi kebutuhan penting bagi semua orang. terlebih, jika bertempat tinggal di kota metropolitan seperti Jakarta. Maka motor akan sangat berguna karena kondisi jalan yang macet membuat berkendara dengan menggunakan motor lebih cepat. Kredit motor saat ini adalah cara yang paling mudah untuk bisa memiliki motor. Akan tetapi untuk bisa terhindar dari masalah ketika masa kredit, maka perlu diketahui dua hal, yaitu:

• Perbaiki catatan rekening,
Apabila ingin melakukan pengajuan kredit seperti motor maka perhatikanlah terlebih dahulu catatan keuangan pada rekening. Hal tersebut dilakukan agar Anda mengetahui kondisi keuangan ketika ingin melakukan kredit. Begitu pun pihak perusahaan pemberi kredit juga akan menilai dan menerima Anda jika catatan keuangan Anda baik.

• Lancar kan pembayaran hutang di tempat lain,
Jika Anda memiliki hutang sebelumnya di tempat lain, namun ingin mengajukan kredit baru yaitu motor maka lunasilah hutang sebelumnya terlebih dahulu. Jangan sampai laporan cicilan tersebut tidak lancar karena akan mempengaruhi pengajuan kredit Anda yang berikutnya.

Setelah mengetahui dua hal tersebut maka sebelum mengajukan kredit motor baru harus memperhatikan beberapa hal, seperti berikut ini:

1. Cari perusahaan leasing dengan reputasi baik,
Ketika ingin melakukan pengajuan kredit yaitu berupa motor maka carilah perusahaan leasing atau perusahaan pemberi kredit lainnya yang memiliki reputasi baik. Mencari tahu reputasi perusahaan tersebut sangatlah penting karena untuk kepentingan proses kredit saat sedang berjalan. Perusahaan yang memiliki reputasi baik biasanya memiliki mekanisme proses kredit yang baik pula. Untuk memberikan BPKP di kala kredit lunas biasanya perusahaan tersebut tidak akan mempersulit. Hal ini berbeda dengan perusahaan yang tidak memiliki reputasi baik.

2. Pilih cara pembayaran yang sesuai dengan kemampuan,
Semua perusahaan leasing yang memberikan kredit kepada nasabah atau pelanggan biasanya memiliki opsi dalam cara pembayaran cicilan kredit. Beberapa opsi tersebut berbeda-beda dan telah disesuaikan oleh kebutuhan masing-masing orang dengan gaji atau penghasilan yang dimilikinya. Dalam hal ini, pilihlah cara pembayaran cicilan kredit yang sesuai dengan kemampuan ekonomi Anda.

3. Perhatikan biaya denda,
Bukan berniat menunggak pembayaran, namun Anda harus antisipasi dalam proses pembayaran cicilan kredit. Jadi, perhatikanlah biaya denda yang akan dibebankan oleh perusahaan leasing kepada Anda jika Anda terpaksa menunggak pembayaran tersebut. Bukan hanya biaya denda saja, Anda juga perlu mengetahui biaya-biaya lainnya karena setiap perusahaan pemberi kredit memiliki angka biaya yang berbeda-beda.

4. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan,
Jika Anda benar-benar berniat ingin mengajukan kredit berupa motor maka pilihlah motor sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda mengambil kredit hanya karena terjebak oleh rayuan para marketing. Cari tahu motor mana yang cocok digunakan oleh Anda, mulai dari model, spesifikasi dan lainnya. Jadi, pikirkanlah terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

5. Tanyakan asuransi yang akan didapat selama kredit,
Musibah mungkin saja bisa terjadi, seperti kecelakaan, perampokan, pencurian dan lainnya. Dalam hal ini, Anda harus mengetahui asuransi yang akan Anda dapatkan selama masih dalam proses kredit. Cari tahu bagaimana cara mengajukan klaim, tempat pengajuannya dana lain sebagainya.

Kredit motor memang sangat bermanfaat dan sangat membantu, tapi itu semua tergantung pada perusahaan leasing tersebut. Jangan salah dalam memilih perusahaan leasing, karena Anda akan berhubungan secara terus-menerus oleh perusahaan tersebut selama masa kredit.

Leave a Reply

Top