You are here
Home > Info > Langkah-Langkah Persiapan Pernikahan

Langkah-Langkah Persiapan Pernikahan

Langkah-Langkah Persiapan Pernikahan

Menikah menjadi momen penting dalam hidup manusia. Seremoni sakral yang diharapkan menjadi pertama dan terakhir ini sebaiknya dipersiapkan secara matang. Namun, seringkali pasangan yang hendak menikah bingung untuk memulai persiapannya. Berikut langkah-langkah persiapan pernikahan yang akan mempermudah kalian mewujudkan pernikahan impian.

Komunikasi ke Keluarga dan Tentukan Tanggal

Jika sudah mulai terpikir untuk menikah jangan simpan niat ini untuk kalian berdua saja. Semakin cepat mengkomunikasikan keyakinan kalian kepada kedua keluarga, maka semakin baik. Hal ini membuat kalian lebih cepat merangkum pendapat kedua keluarga untuk dibuat dalam satu konsep acara pernikahan termasuk waktu dan tanggal spesifik. Pihak keluarga bisanya memiliki pertimbangan masing-masing untuk mewujudnyatakan pernikahan anak atau anggota keluarga lainnya. Keputusan yang harus melibatkan banyak pihak ini ,perlu kalian lakukan diawal sebelum masuk ke persiapan teknisnya.

Menentukan Konsep Pernikahan

Setelah mendapat tanggal pernikahan, calon pengantin dapat mulai merancang konsep pernikahan impian. Dalam tahap ini, kalian boleh melibatkan pihak lain, atau merasa cukup memutuskan berdua saja. Tergantung keputusan pembicaraan keluarga sebelumnya.

Mencari Tempat

Penentuan tanggal diawal sebelumnya, mempermudah kalian untuk bergerak mencari keperluan lainnya, terutama tempat resepsi pernikahan. Dengan adanya tanggal dan konsep, kalian bisa mulai membuat daftar tempat yang cocok dari segi tanggal dan suasana. Tahap membuat daftar bisa dimulai dari pencarian di internet, kemudian bisa dilanjutkan dengan sur vey satu per satu ke daftar calon tempat. Jangan lupa untuk langsung lock tempat yang sudah membuat mu jatuh hati, berhubung mencari tempat pernikahan yang cocok dan avaliable biasanya tidak mudah.

Persiapan Administrasi

Jangan lupa untuk mencari informasi untuk mempersiapkan urusan administrasi pernikahan baik secara agama ataupun negara. Hal ini perlu dilakukan jauh-jauh hari, apalagi untuk kalian yang masing-masing memiliki pekerjaan kantoran. Kantor layanan administrasi biasanya hanya buka di hari kerja, jadi kalian harus menyempatkan mengurusnya sambil menyelsaikan daftar yang lain.

Mencari Vendor

Nah, tanggal dan tempat sudah oke. Saatnya untuk memikirkan teknis. Mulai lah mencari vendor-vendor yang mendukung terlaksananya resepsi pernikahan impian. Jika kalian memilih untuk memakai jasa Wedding Organizer biasanya akan lebih terbantu dibagian ini. Tentu saja dengan biaya yang sedikit lebih ekstra dibanding dengan mengurusnya sendiri.

Untuk kalian yang memilih untuk mengurus sendiri, berikut hal-hal yang perlu kalian cari :

  1. Vendor Penyewaan atau Pembuat Pakaian Pengantin
  2. Transportasi dan Akomodasi Keluarga
  3. Make Up & Hair Do
  4. Dekorasi dan Alat
  5. MC atau Hiburan Lain
  6. Undangan
  7. Katering
  8. Souvenir

Tahap inilah yang akan memakan waktu dan tenaga kalian, masing-masing vendor harus kalian temui untuk menyampaikan ekspektasi terhadap barang atau jasa mereka serta bernegoisasi terhadap budget yang kalian miliki.

Jadwal Follow Up dan Meeting Koordinasi

Jika langkah-langkah diatas sudah dapat dilewati dengan baik, jangan lupa untuk menjadwalkan waktu untuk follow up bahkan meeting koordinasi untuk mengetahui perkembangan setiap item yang dipersiapkan. Tahapan ini juga berfungsi untuk mengetahui rintangan-rintangan tidak terduga ditengah persiapan dan segera memikirkan rencana alternatifnya.

Kurang lebih seperti itulah gamabran besar langkah-langkah persiapan pernikahan, untuk lebih mantap alangkah baiknya pasangan calon mempelai memiliki ceklis tertulis disetiap tahapnya. Dengan demikian persiapan lebih bisa dipantau bersama. Jangan lupa untuk saling mengingatkan menjaga kesehatan agar di hari pernikahan jerih payah persiapannya bisa dinikmati dengan penuh kebahagiaan. Selamat menyusun rencana bersama!

Leave a Reply

Top