You are here
Home > Info > 4 Persiapan Agar Semakin Semangat Mengikuti Kultum Ramadhan

4 Persiapan Agar Semakin Semangat Mengikuti Kultum Ramadhan

4 Persiapan Agar Semakin Semangat Mengikuti Kultum Ramadhan

Ketika memasuki bulan suci maka biasanya seusai sholat Subuh di masjid, imam akan menyampaikan kultum Ramadhan yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Kultum termasuk dalam kegiatan pengajian namun memiliki durasi yang sengaja dibuat pendek, sehingga nyaman diikuti semua jamaah. Selesai kultum tersebut dijamin Anda tidak perlu menunda jam keberangkatan ke kantor sebab masih bisa datang tepat waktu. Mengikutinya tentu banyak hikmah bisa dipetik maka usai Subuh berjama’ah jangan buru-buru pulang.

Hikmah Mendengarkan Kultum di Bulan Suci

Kultum merupakan salah satu sarana bagi umat muslim untuk memperdalam pemahaman ilmu agama, dijamin tidak rugi mengikutinya. Beberapa hikmah berikut bisa Anda kantongi:

  • Memberikan kemudahan memahami suatu amalan yang tengah dibahas.
  • Belajar singkat namun manfaatnya segera terasa.
  • Solusi belajar ilmu agama diantara sekian jadwal padat dan kesibukan yang dimiliki.
  • Lebih mudah memahami yang disampaikan penceramah sebab dilakukan di waktu pagi saat tubuh masih fit.

Kesibukan bisa membuat siapa saja lupa dan melewatkan kesempatan untuk menjalankan ibadah, mendengarkan pengajian masuk kategori ibadah. Bahkan ibadah paling mudah namun mendatangkan pahala tidak terkira, bayangkan saja sekedar mendengarkan dan ikut aktif berpartisipasi misalnya dengan bertanya dan sebagainya. Selesai sholat berjama’ah Anda bisa memahami salah satu amalan yang disampaikan imam saat kultum tadi, sehingga menjadi kesempatan terbaik untuk belajar ilmu agama.

Persiapan Mengikuti Kultum

Bulan Ramadhan biasanya menjadi waktu yang sangat tepat untuk menyantap berbagai kajian kultum Ramadhan di seluruh masjid. Kadang kala ada beberapa mushola yang ikut memberikan kultum, usahakan memilih yang terdekat supaya tidak kesulitan mendatangi tempatnya. Supaya semakin terasa manfaatnya maka lakukan persiapan berikut sebelum mengikuti kultum:

  1. Pastikan tidur cukup di malam harinya,

Banyak orang bangun awal untuk bersantap sahur sehingga ketika sholat Subuh di masjid kerap diterpa rasa kantuk. Mencegahnya Anda bisa tidur lebih awal misalnya usai tarawih Anda ngaji sebentar dan jam sekitar jam 9 sudah pergi tidur.

Baca Juga: Ternyata, Penurunan dan Penambahan Daya Listrik Tidaklah Sulit

  1. Mandi dulu sebelum pergi ke masjid,

Membantu mendapatkan kesadaran secara maksimal ketika hendak mengikuti kultum tidak ada salahnya mandi terlebih dahulu. Beberapa orang bahkan memilih mandi sebelum sahur supaya menyantap makanan sahur lebih berselera dan bersemangat. Mandi bisa membantu menyegarkan tubuh, dan jika dilakukan di waktu Subuh maka akan berdampak baik bagi kesehatan. Sesampainya di masjid Anda pun semakin siap mengikuti kultum sampai tandas.

  1. Tanamkan niat untuk mendengarkan kultum,

Ada baiknya sejak awal menanamkan niat untuk mengikuti kultum di masjid sampai selesai sehingga godaan apapun bisa dihadapi. Mulai dari rasa kantuk sampai ajakan teman yang membuat kita mudah ikut rasa malas mereka mengikuti kultum. Intinya dengan membangun niat maka keinginan sekecil apapun untuk meninggalkan kultum bisa ditolak dengan baik. Selain itu lebih muda menyiapkan diri untuk mengikuti kultum, seperti mandi yang sudah dibahas sebelumnya.

  1. Lakukan amalan yang dibahas dalam kultum,

Mendengarkan kultum tentu akan terasa minim manfaatnya jika Anda tidak mencoba mengamalkan apa yang disampaikan imam saat berceramah. Usahakan mencoba mengamalkan apa yang telah disampaikan dan nikmati manfaatnya seperti apa. Berani mencoba bisa membantu mencintai agamanya dengan lebih baik sehingga semakin semangat mengikuti kultum atau kajian lainya. semua amal ada ilmunya, dan lewat kultum Ramadhan Anda bisa belajar mencari ilmu yang benar sebelum beramal.

Leave a Reply

Top