You are here
Home > Info > Spesifikasi dan Keistimewaan Honda Supra X 150

Spesifikasi dan Keistimewaan Honda Supra X 150

Spesifikasi dan Keistimewaan Honda Supra X 150

 

Honda seolah tak mau kalah dengan vendor otomotif lainnya dalam hal berinovasi, terbukti saat ini Honda berhasil menciptakan motor bebek terbarunya yang digadang-gadang sebagai inovasi terbaru dari motor legendaris terdahulunya, Honda Supra. Seperti yang sudah dikenal di kalangan para biker, Honda Supra merupakan produk berhasil dari Honda karena mesinnya yang bandel dan awet hingga bertahun-tahun dipakai dan juga bahan bakar yang irit, membuatnya masih menjadi motor jadul primadona hingga sekarang. Generasi terbaru inovasi dari Honda Supra adalah Supra X 150 atau Supra-X 150R.

Indonesia bukanlah negara pertama yang menjadi tempat rilisan motor bebek sporty ini. Vietnam lebih dulu berkesempatan menjajal performanya ini dengan nama yang berbeda, jika di Indonesia dirilis dengan nama Supra-X 150R, sementara di Vietnam, motor ini diberi nama Honda Winner 150. Meski demikian, spek dan keunggulannya tidaklah berbeda. Masih sama-sama mengusung teknologi PGM-FI (Fuel Injection), motor ini memberi performa yang lincah dan cenderung irit bahan bakar dibanding motor bebek sport lainnya. Berikut rincian speknya:

  • Desain dan dimensi.

Mengusung desain yang sporty dengan lekukan tajam yang maskulin, Honda Supra x 150 ini nampak lebih gagah, sebanding dengan kekuatan dan performa yang dihasilkan. Motor ini memiliki dimensi (L×W×H) : 2.025 x 725 x 1.102 mm dengan kapasitas tangki 4.5 liter. Ground clearance 167 mm dengan wheelbase 1.276. Berat motor bebek ini 122 kg dengan tinggi seat 780 mm.

  • Kaki-kaki.

Untuk sektor kaki-kaki Honda Supra-X 150R ini termasuk kokoh terbukti dengan tipe suspensi teleskopik pada bagian depan dan model suspensi monoshock di bagian belakang. Pada velg dan ban, Honda menyematkan velg racing berukuran 17 inch dengan ban yang berukuran 90/80-17 46P pada bagian depan dan 120/70-17 58P untuk ban belakang.

Artikel Terkait: VARIO 150, TENTANG KESEMPURNAAN

  • Mesin.

Honda Supra-X 150 R ini dibekali tipe mesin 4 langkah dan 4-Valve dengan sistem pendinginan liquid cooled yang memungkinkan mesin tetap dalam suhu yang stabil dan untuk meningkatkan performanya, Honda membekalinya dengan mesin berteknologi DOHC dan sistem suplay bahan bakar Fuel Injection yang diberi nama PGM-FI agar bisa lebih irit bahan bakar dan otomatis, ramah lingkungan. Sedangkan di mesin-mesinnya, kubikasi yang dipakai setara dengan 150cc atau tepatnya 149.16cc. Sehingga tak hanya irit saja, berkat perpaduan kedua teknologi tersebut, performa Supra-X 150R lebih mumpuni dan lincah.

Yang istimewanya lagi dari mesin Supra-X 150R adalah gearbox mode transmisi manual 6 speed dengan jenis kopling yang disebut multiplate wet clutch coil spring. Tak hanya menjadikan nilai handling nya semakin tinggi, Supra-X 150R tercatat dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga sebesar 11.5 kW pada rotasi mesin 9000 Rpm dan lini torsi maksimum dari Honda Supra X ini mencapai 13.5 Nm pada 6.500 Rpm.

Honda Supra X 150 R ini merupakan motor bebek generasi terbaru Supra yang dibekali dengan tampilan sporty. Mungkin akan mengingatkan Anda pada rilisan Honda beberapa tahun yang lalu, Honda Blade. Tapi tentunya bukan itu satu-satunya keistimewaan dari Supra-X 150R. Perubahan yang signifikan dari generasi sebelumnya juga cukup mencolok, yaitu dengan adanya mesin injeksi berkapasitas 150 cc sedangkan seri terdahulunya hanya berkapasitas 125 cc. Tapi bukan Honda namanya jika tidak senantiasa berinovasi, diharapkan kehadiran Supra-X 150R dapat memuaskan hasrat para biker yang menyukai motor bebek berdesain sporty.

Leave a Reply

Top